Sate Kalong, Jl. Kesambi

Lokasi : Jalan Kesambi Dalam, Cirebon
Kalau dari Jalan Kesambi Raya, dari Lawanggada menuju ke arah Penjara.
Nanti ketemu lampu merah setelah Penjara, belok kiri.
Terus saja, lewatin AlfaMart dan Indomart, waktu ada belokan yang ke Lapangan Bola, terus lagi.
Gak jauh dari belokan itu, yang jualan Sate Kalong Kesambi ada di sebelah kanan jalan.
Pakai gerobak sederhana, pas di pinggir jalan.

Berdasarkan info kuliner dari teman, kalau ada yang menarik untuk dicoba sewaktu malam.
Yaitu Kuliner khas Cirebon, Sate Kalong namanya.
Kalong yang berarti kelelawar, bukan berarti ini adalah penjual sate kelelawar.
Sewaktu saya bertanya tanya sama penjual nya yang sudah senior dan sangat ramah ini; Sate kalong itu sebenarnya menggunakan daging Kerbau.
Tentunya sate menggunakan daging kerbau termasuk tidak umum, agak jarang kan?
Karena biasanya sate menggunakan daging ayam, sapi, atau babi.
Dan berbekal panduan dari teman menuju lokasi Sate Kerbau ini, yang sudah saya jelaskan diatas, akhirnya ketemu juga tempatnya.
Gak susah kok nemuin tempat ini.
Oh iya, jualan nya mulai sekitar jam 7 malam.



Sewaktu saya mampir ke Sate Kalong ini, Cirebon lagi Hujan rintik rintik, abis hujan besar.
Jadi bisa dibayangin suasana basah di jalanan dan hawa yang cukup dingin saat ini.
Wah seperti nya cocok sekali untuk makan sate yang hangat-hangat.

Sate kalong ini cuma ada 2 macam, yaitu : Rasa Asin dan Rasa Manis.
Rasa asin itu diambil dari kikil nya kerbau, sedangkan yang rasa manis itu diambil dari daging kerbau nya.
Dengan harga Rp. 9.000 / 10 tusuk nya, saya cobain 5 tusuk rasa asin dan 5 tusuk rasa manis.
Kebetulan saat saya mampir kesana, lagi sepi pembeli. karena hujan sepertinya.
Jadi saya tidak perlu lama menunggu pesanan.
Sate kalong ini makin terasa nikmatnya dimakan dengan campuran bumbu kacang dan sambalnya.
hehe.. saat itu saya pesan 1 porsi nasi putih, supaya lebih mantap menikmati sate kalongnya.

Sesaat saya sempat berbincang-bincang sama bapak penjual sate Kalong ini.
Sangat ramah, orang nya. Dia menjelaskan bahwa berjualan sate di Kesambi ini sejak tahun 1990an.
Dan sebelum berjualan di Kesambi, dia sempat berjualan di jalan apa saya lupa namanya. ( Di belakang sekolah Santa Maria ) sejak tahun 1960an.
Jadi kalau dihitung waktunya, sudah 55 tahun lebih??? woooowww, luar biasa kan?

Silahkan dicoba dan rasakan sendiri nikmatnya, Sate Kalong

Dan berikut foto-foto nya :


Gaya nya mrip Pengusaha Bob Sadino (alm),
santai pake celana pendek, dengan rambut putihnya.


rasa asin yang kuning, rasa manis yang coklat

No comments:

Post a Comment