Serabi Jumbo Gratia

Lokasi : Di Depan Gedung GRATIA, Jl. Dr. Sudarsono

Setelah sekian lama saya mendengar cerita tentang Serabi Jumbo Gratia, akhirnya di suatu pagi saya bisa cobain dan datang langsung kesana.
Cari tempatnya gak susah ya, gampang sih kalau menurut saya.
Kalau dari Jalan Kesambi, cari aja RS. Gunung Jati. Pas di sampingnya ada lampu merah, ada pertigaan itu masuk ke Jalan Dr. Sudarsono.
Terusssss aja, nanti ketemu Gedung Gratia. Kalau dari RS. Gunung Jati,  Gedung Gratia nya ada di sebelah kanan jalan.
Waktu itu saya kesana sekitar jam 05.30 keadaan sekitar masih agak gelap.
Belum banyak juga pembelinya disana.
Mungkin juga karena masih gelap, dan kalaupun ada yang beli mungkin di bungkus untuk dibawa pulang.


Tempat nya sederhana, dengan ada 2 kursi panjang mengelilingi meja untuk meletakkan aneka serabi nya.
Ternyata sebutan Serabi Jumbo gak salah. Ukuran Serabi nya memang besar. Ukuran Jumbo. haha..
Karena suasana masih sepi, jadi saya bisa santai disana. Sambil melihat proses pembuatan serabi nya yang masih pakai kayu bakar.
Dan ternyata asik juga ngobrol dengan sama penjual serabi, yang diketahui belakangan namanya Ibu Tati? hehe..
Orang nya gaul banget. seperti seorang ABG alias Anak Baru Gede.
Sepertinya Ibu Tati ini terobsesi dengan Syahrini. haha..
Sesekali, saya dipanggil "beb", atau "honey", atau "say" ... haha..
dan Ibu Tati pun sesekali tertawa seolah menikmati kehidupan nya ini.

Harga Serabi Jumbo, dijual Rp. 5.000,- per satuan nya..
Memang tergolong agak tinggi untuk harga serabi tradisional.
Tapi setelah melihat ukuran nya yang besar, dan menikmati rasanya, saya pun tidak jadi protes kemahalan. haha..
Ada beberapa pilihan disana. Ada serabi biasa yang putih, ada serabi manis yang pakai gula jawa, Ada serabi yang ditaburi Tempe / oncom, ada juga serabi yang ditaburi dage, ada serabi yang dicampur dengan telor, ada juga Serabi Tauco (ini yang saya coba).
Serabi Tauco ini pedes banget, padahal saya orang yang suka pedes loh.
Ternyata masih kepedesan juga, haha... gak kira-kira banyak ranjau cabe rawit ijo nya dimana mana.
Gorengan nya pun termasuk ukuran jumbo, dijual Rp. 1.500an / potong nya.

Bu Tati bercerita kalau dia sudah berjualan serabi sejak Harga Beras Rp. 300,- per liter nya.
Jaman Presiden Pak Harto, katanya.
Ketika saya tanya tahun berapa pastinya, dia lupa. hehe.. yang pasti harga beras 300 perak, katanya.
Dulu jualan jam 3 subuh juga aman, katanya.
Lah, emang sekarang gak aman? tanya saya.
Dia jawab sambil senyum, gak seperti dulu beb... dulu ada cewek cewek malam yang makan serabi, ramah ramah.
Begitu ceritanya.

Sebelum saya pergi meninggalkan Bu Tati, saya minta untuk foto dia.
Lalu dia jawab, Untuk apa say?
haha.. say, beb, honey .. kata-kata yang sering diucapin nya untuk manggil seseorang kayaknya nih.
Dan disela kesibukan nya membuat serabi, saya berhasil meminta foto nya. hehe..
Dia taruh sejenak alat susruk untuk serabi nya, dan sambil tersenyum saya berhasil mengabadikan salah satu penjual serabi gaul di Cirebon.
Mungkin dia lah satu satunya Ibu Penjual Serabi Gaul di Cirebon.

Seandainya dia bertemu Mpok Ati, atau ketemu Syahrini...
haha.. pasti heboh sekali ya. haha..

Berikut foto-fotonya :










Terima kasih ya, beb.... haha..

No comments:

Post a Comment