Sate Sapi, Jl. Kanoman

Lokasi : di jalan Kanoman
menuju ke pertigaan Toko Manisan Sinta,
di seberang nya ada yang jual Panggang Babi Apun

Secara gak sengaja waktu itu kebetulan lagi jalan-jalan di seputaran Kanoman bareng saudara dari Jakarta untuk cari oleh-oleh.
Setelah selesai dari Toko Manisan Sinta, kita nyeberang jalan deh.
Nelusuri jalanan trotoar yang sebagian nya dipakai orang berjualan.
Jadi makin padat deh tuh trotoar, hehe...
Waktu saudara saya nemu toko yang berjualan rangginang untuk dibawa ke Jakarta untuk oleh-oleh, saya malah penasaran sama kuliner satu ini.
Tempatnya sederhana, tidak menarik perhatian saya sebelumnya.
Cuma karena waktu itu saya berhenti di toko cemilan yang pas ada di belakangnya, jadi secara gak sengaja pula saya perhatikan tempat ini.
Lalu saya lihat dari depan pinggir jalan raya, etalase nya.
Dengan tulisan sticker yang hilang beberapa huruf nya, terbaca kalau disitu bukan hanya berjualan Sate Sapi saja.
Ada Nasi Lengko, hehe.. khas Cirebon dimana-mana hampir ada yang jualan nasi lengko.
Ada Sop Iga pula disana. ah, tapi yang ini kurang menarik.
Saya lebih tertarik mau coba Sate Sapi nya.
Saya membayangkan Sate Sapi nya seperti Sate Maranggi dengan kecapnya yang banyak itu.



Ya sudah, akhirnya sama si ibu penjual, saya pesan 1 porsi Nasi Lengko dan 1/2 porsi Sate Sapi.
1 porsi Nasi Lengko, di hargai Rp. 8000,-
1/2 porsi Sate Sapi, di hargai Rp. 10.000,- isi 5 tusuk
Sambil menunggu sate nya dibakar, saya tanya sama bapak-bapak yang bakar Sate Sapi nya.
"pak, sate sapi nya empuk gak??"
lalu dia jawab dengan yakin, "empuk bos"
haha... emang nya saya keliatan seperti bos??
bisa aja bikin saya senang, semoga ucapan dia manggil saya bos adalah seperti doa. Karena ucapan adalah doa. Semoga saya bisa jadi bos beneran. haha.. Amin.

Dan tidak perlu menunggu lama, sekitar 5 menitan, hidangan pun siap tersaji di meja makan nya.
Sayang nya tempat makan di dalam itu terlalu gelap.
Tapi bisa aja sih, makan di depan nya, tapi waktu itu ada yang lagi makan lagi.
Ya sudah, tidak ada akar rotan pun jadi. makan di tempat gelap-gelapan juga gak apa2 deh.

1 Porsi Nasi Lengko nya menurut saya pas untuk ukuran saya.
Seperti biasa, porsi nasi lengko itu terdiri dari Tahu, Tempe Goreng, dengan bumbu kacang, kecap, potongan kucai, toge dan taburan bawang goreng.
Tapi yang ini cukup menarik karena taburan Bawang Goreng nya keliatan begitu renyah.
Dan benar, ketika saya coba cukup kriukkk...
Jadi waktu saya aduk Nasi Lengko nya, makan Nasi Lengko nya jadi makin mantap karena Bawang Goreng nya yang renyah.
haha, ngomongin Bawang Goreng saya jadi keingat sama teman saya yang jualan Bawang Goreng Renyah.
Sekalian numpang promosi, mungkin kalo ada yang mau liat atau mau cobain Bawang Goreng nya bisa liat di : http://www.facebook.com/BawangCoc

Dan selanjutnya saya coba nikmati 1/2 Porsi Sate Sapi nya yang berisi 5 tusuk ini.
Sekilas terlihat lebih besar dibanding Sate Maranggi yang pernah saya makan, lebih kecil.
Saya sengaja memilih bumbu kacang daripada bumbu kecap.
Campuran Bumbu Kacang dan kecap nya pas dan dengan sedikit acar nya, yah jadi perpaduan rasa yang unik.
Untuk Sate Sapi nya, saya bilang, cukup empuk daging nya.
Sampai rasanya kok kurang ya, haha...
Enak sekali, Sate Sapi nya dimakan sama Nasi Lengko ... sempurna.



Nasi Lengko, Rp. 8000,-

5 Tusuk Sate Sapi, Rp. 10.000

No comments:

Post a Comment