Toko P & D, Ruby

Lokasi : Jalan Tentara Pelajar
Kalau dari Grage mall, Toko Ruby ada di sebelah kanan jalan.

Toko Ruby, merupakan salah satu legenda kuliner di Cirebon.
Seingat saya, Toko P&D Ruby di Cirebon ini sudah ada sejak tahun 80an, yang berarti umurnya sudah lebih dari 30 tahun.
Sejak saya masih kecil dahulu, jaman masih Sekolah Dasar biasanya orang tua saya membelikan kue kue dan cemilan disini.
Sekarang Toko Ruby sudah menjadi toko yang modern.
Tempatnya bagus, ber AC, jadi lebih luas dan lebih nyaman dengan renovasi barunya ini.


Karena gak tau dengan huruf P&D di depan nama Ruby ini, saya jadi penasaran dengan arti tulisan Toko P&D Ruby.
Saya tanya ke Google, dan akhir nya saya tahu. Arti kata P&D itu.
Ternyata dari bahasa belanda, singkatan dari Proviand and Drank yang berarti makanan dan minuman, merujuk ke toko yang jual sandang pangan.
Nah ketauan kan, berarti yang punya tokonya seperti berpendidikan jaman Belanda dulu sampai sampai menggunakan singkatan dari bahasa Belanda ya?

Waktu saya datang ke Toko Ruby di jalan Tentara Pelajar ini masih pagi.
Sekitar jam 8 pagi kurang, belom terlalu ramai pembeli. Tapi ada saja yang sudah beli.
Di Toko Ruby ini dijual banyak sekali pilihan makanan.
Ada roti, ada bolu, ada jajanan khas cirebon, ada keripik, ada lontong, ada es krim, ada nasi kuning juga.
Banyak deh pilihan nya, dijamin pasti bingung mau pilih mana, soalnya semua nya enak enak.

Waktu saya kesana, saya minta ijin dulu sama orang yang duduk di meja kasir.
Sepertinya dia boss nya, ya? hehe... Dan diperboleh kan dengan ramah oleh dia, untuk saya foto foto.

Untuk yang ada di cirebon dan mau cari kue kue untuk jadi cemilan atau oleh oleh, bisa datang ke Toko Ruby ini.

Dan ini dia, foto fotonya.















5 comments:

  1. Waktu masih di pegang mamanya (tante ruby) roti ayamnya enak banget, tahun 2015 saya coba temen beli kirim ke bandung 20pcs buat rasa kangen, roti ayamnya rasanya sudah berbeda jauh dari resep mami nya tahun 80an, terutama untuk rasa isian rotinya (ayam).

    ReplyDelete
  2. Pengen roti ayam..bisa nitip dibelikan?..kirim ke tegal

    ReplyDelete
  3. Lapis legit nya harga nya bnr segitu ya?

    ReplyDelete