Nasi Jamblang "Mang Dul", Dr.Cipto

Lokasi : Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo No. 4, Cirebon
Tempatnya dekat perempatan lampu merah yang mau ke jalan Tuparev, Jalan kartini. Dekat Grage Mall.

Kalau orang Cirebon sebut Nasi Jamblang Mang Dul, sudah hampir dipastikan semua orang tau.
Karena Nasi Jamblang Mang Dul emang sudah melegenda.
Seingat saya, sejak saya masih SD sekolah di Cirebon sekitar tahun 1980an Mang Dul sudah ada, tempatnya dulu di pojokan dekat Terminal Gunung Sahari, yang sekarang sudah jadi Mall Grage.
Kalau dulu tempatnya sederhana, pake tenda terpal.
Sekarang tempatnya sudah bagus, mengambil tempat di jalan utama.

Waktu saya kesana, masih pagi, sekitar jam 8-9an gitu..
Bukan disaat jam padat makan siang, tapi ternyata Nasi Jamblang Mang Dul rame nya tetap aja.
Gak peduli pagi, atau siang, tetap rame. hehe..
Walaupun rame, orang orang yang bersantap disana tetap menikmati dengan santai.
Tua, muda, remaja, sampai anak anak saya liat menikmati Nasi Jamblang Mang Dul ini.

Makanan yang menggunakan daun jati untuk alas nasi nya, emang benar benar menggoda selera makan.
Pilihan menu nya banyak.
Bisa diliat sendiri di foto-foto nya, hehe...
Apalagi kalau ada ditempatnya langsung, pasti lebih menggoda selera.

waktu itu, saya hanya beli :
Nasi 1, Tahu sayur 1, Paru 1 (disebut juga "Pusu" oleh orang Cirebon)
Biayanya : Rp. 12.000

Di dekat meja kasih, ada foto bapak2 yang pakai peci. Sepertinya itu dia yang disebut mang Dul.
Dan disamping nya, ada foto bapak mentri yang sedang mampir di Nasi Jamblang Mang Dul ini.
Suatu kenangan & prestasi yang membanggakan pastinya.
Oh iya, di depan nya ada yang jualan jajanan pasar khas cirebon, hehe...
(saya iseng aja, motoin juga)

Cuma 1 kata setelah makan Nasi Jamblang Mang Dul ini :

Mantaaaapppp....













No comments:

Post a Comment